Blogger Widgets MENGHITUNG TEGANGAN DAN ARUS DAN MENGETAHUI DIODA ON ATAU OFF PADA RANGKAIAN DIODA IDEAL DENGAN PEMOGRAMAN PASCAL - FIRMANSYAH AHMAD BLOG

MENGHITUNG TEGANGAN DAN ARUS DAN MENGETAHUI DIODA ON ATAU OFF PADA RANGKAIAN DIODA IDEAL DENGAN PEMOGRAMAN PASCAL




Gambar 1. Rankaian dioda ideal

Kali ini kasus yang di bahas adalah bagaimana membuat suatu perhitungan rangkaian elektronika yaitu rangkaian dioda ideal yang mana yang akan kita cari dalam perhitungan ini yaitu nilai tegangan dari dioda atau bisa di inisialkan dengan VAK dan juga kita akan mencari nilai arus atau di inisialkan dengan I dari rangkaian tersebut, dalam kasus ini pembuatannya menggunakan pemograman PASCAL.

Secara umum kasus ini termasuk sederhana untuk menjadikan pemograman PASCAL, tujuan kasus ini agar dapat mempermudah dalam proses perhitungan sederhana dan dasar secara otomatis dengan sebuah aplikasi, bila kita memiliki permasalahan yang banyak dengan perhitungan rangkaian dioda dan pastinya rumit dan banyak, aplikasi ini bisa sangat membantu untuk digunakan.


Berikut adalah program yang telah dibuat:

Gambar 2. Baris Program Dengan Pascal

                        Dalam program di atas digunakan sintak/statement if dan else untuk membuat program memutuskan hasil dari nilai perhitungan termasuk ke dalam dioda off atau dioda on, nilai batas yang digunakan adalah 0.7 yaitu menandakan bahwa komponen doda yang digunakan adalah berbahan silikon, nilai 0.7 adalah nilai hambatan dioda yang terdapat di dalam dioda, walaupun nilainya kecil tetapi bisa berpengaruh untuk kerja dioda.

Dan dapat sedikit tambahan program dalam kasus ini yaitu digunakan repeat dan until agarprpogram yang dijalankan dapat muncul kembali ketika kita telah selesai melakukan perhitungan tersebut. tetapi jika nilai VAK adalah 0 (nol) maka program akan berakhir.

Untuk lebih jelasnya dapat kita lihat flowchartnya sebagai berikut:




Gambar 3. Flowchart

DAFTAR PUSTAKA
  • https://www.youtube.com/watch?v=ofUy_ddjyhA
  • https://www.youtube.com/watch?v=lRRRqb6Yg_w
  • https://www.youtube.com/watch?v=abT3-EqTbiY
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. FIRMANSYAH AHMAD BLOG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger