Blogger Widgets FIRMANSYAH AHMAD BLOG
Latest Post

Arsitektur Set Intruksi

Arsitektur Set Intruksi
            Arsitektur set intruksi merupakan suatu rancangan yang melibatkan banyak pengaturan intruksi atau perintah yang dapat dimengerti oleh CPU dengan sebuah library yang berisi daftar perintah apa saja yang dapat dilakukan oleh sebuah prosesor, dan biasanya terikat dengan sebuah arsitektur prosesor tertentu sebagai contoh arsitektur prosesor x86 dan x64). Yang mana arsitektur tersebut berbentuk kode mesin atau biasa disebut bahasa mesin atau juga dikenal sebagai bilangan biner. Operasi dari CPU ditentukan oleh instruksi-instruksi yang dilaksanakan atau dijalankannya.
 Dalam arsitektur komputer terdapat dua bagian utama, yaitu sebagai berikut:
·          Instruction set architecture (ISA) / arsitektur set instruksi ISA meliputi spesifikasi yang menentukan bagaimana   programmer bahasa mesin akan berinteraksi oleh komputer. ISA menentukan sifat komputasional komputer.
·          Hardware system architecture (HSA) / arsitektur system hardware  HSA berkaitan dengan subsistem hardware utama    computer (CPU, system memori dan IO). HSA mencakup  desain logis dan organisasi arus data dari subsistem
Jenis Instruksi
Jenis instruksi dalam arsitektur komputer meliputi point-point berikut:
·         Data processing/pengolahan data : instruksi aritmetika dan logika
Data processing adalah jenis pemrosesan yang dapat mengubah data menjadi informasi atau pengetahuan. Pemrosesan data ini sering menggunakan komputer sehingga bisa berjalan secara otomatis. Setelah diolah, data ini biasanya mempunyai nilai yang informatif jika dinyatakan dan dikemas secara terorganisir dan rapi, maka istilah pemrosesan data sering dikatakan sebagai sistem informasi. Kedua istilah ini mempunyai arti yang hampir sama, pemrosesan data mengolah dan memanipulasi data mentah menjadi informasi (hasil pengolahan), sedangkan sistem informasi memakai data sebagai bahan masukan dan menghasilkan informasi sebagai produk keluaran.

·         Data storage/penyimpanan data: instruksi-instruksi memori
Sering disebut sebagai memori komputer, merujuk kepada komponen komputer, perangkat komputer, dan media perekaman yang mempertahankan data digital yang digunakan untuk beberapa interval waktu. Penyimpanan data komputer menyediakan salah satu tiga fungsi inti dari komputer modern, yakni mempertahankan informasi. Ia merupakan salah satu komponen fundamental yang terdapat di dalam semua komputer modern, dan memiliki keterkaitan dengan mikroprosesor, dan menjadi model komputer yang digunakan semenjak 1940-an.
Dalam penggunaan kontemporer, memori komputer merujuk kepada bentuk media penyimpanan berbahan semikonduktor, yang dikenal dengan sebutan Random Access Memory (RAM), dan kadang-kadang dalam bentuk lainnya yang lebih cepat tapi hanya dapat menyimpan data secara sementara. Akan tetapi, istilah “computer storage” sekarang secara umum merujuk kepada media penyimpanan massal, yang bisa berupa cakram optis, beberapa bentuk media penyimpanan magnetis (seperti halnya hard disk) dan tipe-tipe media penyimpanan lainnya yang lebih lambat ketimbang RAM, tapi memiliki sifat lebih permanen, seperti flash memory.

·         Data movement/perpindahan data: instruksi I/O
Proses data movement ini adalah memindahkan (dapat diakatakan membackup juga) data – data dari database yang berupa data, indeks, grand, schema, dan lain – lain ketempat baru. Tempat baru ini bisa ke dalam database baru atau memang untuk dibackup saja.
Data movement terdiri dari 2 bagian besar yaitu :
·         Load & Upload [difokuskan untuk memindahkan data yang berupa indeks atau data itu sendiri alias isi dari database tersebut]
·         Export & Import [memindahkan data secara lengkap, mulai dari grand, schema, dan seluruhnya]
Jika dilihat, load tersebut behubungan dengan import dan upload berhubungan dengan export
     Load berfungsi untuk memasukan data / transaksi ke sebuah table. Dapat dikatakan juga insert, replace, atau update. Sedangkan upload berfungsi untuk membuat dari data table ke fisik / file. Kelemahan load adalah dalam prosesnya bisa saja terjadi data yang tidak berpindah secara sempurna.
Upload Parameter
• Limit [membatasi beberapa record]
• Sample [mencari sample yang telah ditentukan]
• When [berdasarkan kondisi]
     Dan pada upload, hanya satu parameter saja yang dapat berjalan alias tak bisa berjalan bersamaan apabila parameternya lebih dari 1.
Bulk Data Movement (Software Pendukung)
• ETL [Extrat Transform Load], software yang focus terhadap data warehouse
• Replication and Propagation, software yang memonitoring source database dan target, dan yang dihasilkan oleh software ini adalah pencatatatn log.
Perlu diperhatikan juga hak akses dalam load & unload, import & export minimal adalah akses select.
Distribution Database
Dalam distribution database terdapat 3 istilah yaitu :
• Autonomi [idependent], untuk tabel umum akses yang diberikan berbeda dari setiap user.
• Isolation [stand alone], untuk tabel khusus (privacy) itu terpisah dari user.
• Transparancy [all user], akses tabel terpisah dari user tetapi user masih dapat mengaksesnya.
    Lawan dari database terdistribusi adalah database terpusat. Server yang terpusat memang diuntungkan dalam sisi maintenance sedangkan server terdistribusi lebih rumit dalam proses integrasinya.
     Jika database terdistribusi paling tidak membutuhkan Sumber Daya Manusia [SDM] yang baik, network yang lebih baik karena permasalahan network itu sangat fatal dan biasanya permasalahannya tidak jauh – jauh dari permasalahan traffic network. Dan yang tidak boleh dilupakan adalah request dan respon.

·         Control/control : instruksi pemeriksaan dan percabangan
Unit kendali (bahasa Inggris: Control Unit – CU) adalah salah satu bagian dari CPU yang bertugas untuk memberikan arahan/kendali/ kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit) di dalam CPU tersebut. Output dari CU ini akan mengatur aktivitas dari bagian lainnya dari perangkat CPU tersebut.
     Pada awal-awal desain komputer, CU diimplementasikan sebagai ad-hoc logic yang susah untuk didesain. Sekarang, CU diimplementasikan sebagai sebuah microprogram yang disimpan di dalam tempat penyimpanan kontrol (control store). Beberapa word dari microprogram dipilih oleh microsequencer dan bit yang datang dari word-word tersebut akan secara langsung mengontrol bagian-bagian berbeda dari perangkat tersebut, termasuk di antaranya adalah register, ALU, register instruksi, bus dan peralatan input/output di luar chip. Pada komputer modern, setiap subsistem ini telah memiliki kontrolernya masing-masing, dengan CU sebagai pemantaunya (supervisor).
Selain jenis-jenis instruksi ada juga jenis-jenis operand, sebagai berikut:
·         Addresses (akan dibahas pada addressing modes)
·         Numbers :  - Integer or fixed point
Floating point
Decimal (BCD)
·           Characters : - ASCII
- EBCDIC
·           Logical Data : Bila data berbentuk binary : 0 dan 1
Operand dari suatu sistem operasi dapat berbeda pada:
·         Memori Utama atau memori virtual
·         Register CPU
·         Perangkat I/O
Desain Set Instruksi
Desain set instruksi itu merupakan aspek yang sangat kompleks yang melibatkan kelengkapan set instruksi, ortogonalitas yaitu sifat indepentdent instruksi, dan kompatibilitas. Kompatibilitas juga memliki dua bagian yaitu source code compatibility, dan object code compatibility.
Selain ketiga aspek tersebut juga melibatkan hal-hal sebgai berikut:
·           Operation Repertoire, yaitu berapa banyak operasi dan apa saja yang disediakan, dan seberapa sulit operasinya.
·           Data Types, yaitu jenis data apa saja yang dapat diolah
·           Instruction Format, yaitu seberapa panjang dan banyaknya alamat yang digunakan
·           Register, yaitu banyaknya memori instruksi yang dapat digunakan
·           Addressing, yaitu mode pengalamatan yang mana saja untuk operand
Teknik Pengalamatan
 Teknik pengalamatan meliputi sebagai berikut:
1.                  Immediate Addressing
2.                  Direct Addressing
3.                  Indirect Addressing
4.                  Register addressing
5.                  Register indirect addressing
6.                  Displacement addressing
7.                  Stack addressing



Gamabar 1. Table Basic Addressing Modes
Gambar 2. Addressing Mode

·         Immediate Addressing
Immediate addressing merupakan teknik pengalamatan yang paling sederhana diantara pengalamatan yang lainnya, karena operand benar-benar ada dalam instruksi atau bagian dari intruksi, operand sama dengan field alamat, umumnya bilangan akan disimpan dalam bentuk complement dua, bit paling kiri merupakan bit tanda, ketika operand dimuatkan ke dalam register data bit tanda digeser ke kiri hingga maksimum word data, contoh dari pengalamatan ini adalah ADD 7 yaitu menambahkan 7 pada aktuator. Ada keuntungannya jika menggunakan teknik pengalamatan ini yaitu sebagai berikut:
Ø  Tidak adanya referensi memori selain dari instruksi yang diperlukan untuk memperoleh operand
Ø  Menghemat siklus instruksi sehingga proses keseluruhanakan akan cepat
Sedangkan kekurangannya yaitu:
Ø  Ukuran bilangan dibatasi oleh ukuran field

·         Direct Addressing
Teknik ini banyak digunakan pada komputer keluaran lamadan komputer kecil, dan direct addressing ini hanya memerlukan sebuah referensi memori dan tidak memerlukan kalkulis khusus, kelebihannya yaitu field alamat berisi efektif address sebuah operand. Sedangkan kekurangannya adalah keterbatasan field alamat karena panjang field alamat biasanya lebih kecil dibandingkan panjang word. Contohnya yaitu ADD A yaitu menambahkan isi pada lokasi alamat A ke akumulator.

Gambar 3. Ilustrasi Contoh Direct Addressing

·         Indirect Addressing
·                     Indirect addrssing merupakan mode pengalamatan tak langsung, field alamat mengacu pada alamat word di alamat memori, yang pada gilirannya akan berisi alamat operand yang panjang, Contohnya ADD (A) artinya tambahkan isi memori yang ditunjuk oleh isi alamat A ke akumulator, kelebihannya adalah ruang bagi alamat menjadi besar sehingga semakin banyak alamat yang dapat referensi, sedangkan kekurangannya yaitu diperlukannya referensi memori ganda dalam satu fetch sehingga memperlambat proses operasi.

Gambar 4. Ilustrasi contoh Indirect Addressing
  
·         Register Addressing
Metode pengalamtan register ini mirip dengan mode pengalamatan langsung, perbedaanya terletak pada field yang mengacu pada register, bukan pada memori utama, field yang mereferensi register memiliki panjang 3 atau 4 bit, sehingga dapat mereferensi 8 atau 16 register general purpose. Keuntungannya yaitu diperlukan field alamat berukuran kecil dalam instruksi dan tidak diperlukan referensi memori, akses ke register lebih cepat daripada akses ke memori, sehingga proses eksekusi akan lebih cepat. Sedangkan kekurangannya adalah ruangan alamat menjadi terbatas.

Gambar 5. Contoh Register Addressing

·         Register Indirect Addressing
Metode pengalamatan register tidak langsung mirip dengan mode pengalamatan tidak langsung, perbedaannya adalah field alamat mengacu pada alamat register, letak operand berada pada memori yang dituju oleh isi register, keuntungan dan keterbatasan pengalamatan register tidak langsung pada dasarnya sama dengan pengalamatan tidak langsung, keterbatasan field alamat diatasi dengan pengaksesan memori yang tidak langsung sehingga alamat yang dapat direferensi makin banyak. Dalam satu siklus pengambilan dan penyimpanan, mode pengalamatan register tidak langsung hanya menggunakan satu referensi memori utama sehingga lebih cepat daripada mode pengalamatan tidak langsung.

Gambar 6. Contoh Register Indirect Addressing

·         Displacement Addressing
Menggabungkan kemampuan pengalamatan langsung dan pengalamatan register tidak langsung, mode ini mensyaratkan instruksi memiliki dua buah field alamat, sedikitnya sebuah field yang eksplisit. Operand berada pada alamat A ditambahkan isi register. Tiga model displacement
Ø  Relative addressing : register yang direferensi secara implisit adalah Program Counter (PC)
Ø  Alamat efektif didapatkan dari alamat instruksi saat itu ditambahkan ke field alamat
Ø  Memanfaatkan konsep lokalitas memori untuk menyediakan operand-operand berikutnya
Base register addressing : register yang direferensi berisi sebuah alamat memori dan field alamat berisi perpindahan dari alamat itu
Ø  Referensi register dapat eksplisit maupun implisit
Ø  Memanfaatkan konsep lokalitas memori
Indexing  : field alamat mereferensi alamat memori utama, dan register yang direferensikan berisi pemindahan positif dari alamat tersebut
Ø  Merupakan kebalikan dari mode base register
Ø  Field alamat dianggap sebagai alamat memori dalam indexing
Ø  Manfaat penting dari indexing adalah untuk eksekusi program-pprogram iteratif

Gambar 7. Contoh Displacement Addressing

·         Stack Addressing

Stack adalah array lokasi yang linier = pushdown list = last-in-firs-out, stack merupakan blok lokasi yang terbaik, butir ditambahkan ke puncak stack sehingga setiap blok akan terisi secara parsial, yang berkaitan dengan stack adalah pointer yang nilainya merupakan alamat bagian paling atas stack, dua elemen teratas stack dapat berada di dalam register CPU, yang dalam hal ini stack pointer mereferensi ke elemen ketiga stack, stack pointer tetap berada dalam register, dengan demikian, referensi-referensi ke lokasi stack di dalam memori pada dasarnya merupakan pengalamatan register tidak langsung.

Daftar Pustaka
  • http://www.scribd.com/doc/34681874/2-SetInstruksi
  • http://endahajah.wordpress.com/2009/03/31/hello-world/
  • http://queenofharmony.blogspot.com/2011/11/arsitektur-set-instruksi.html
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Set_instruksi
  • http://queenofharmony.blogspot.com/2011/11/arsitektur-set-instruksi.html
  • https://sanusiadam79.wordpress.com/2015/12/30/set-instruksi-program-dan-jenis-jenis-instruksi/
  • http://sodiqengineering.blogspot.co.id/2015/01/arsitektur-set-instruksi-desain-set.html

 

ORGANISASI KOMPUTER DASAR

Komputer merupakan salah satu sistem yang memiliki struktur yang berkembang seiring waktu, dan juga sistem dari setiap komponen didalamnya terorganisasi dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Karena komputer terstruktur dan terorganisasi maka dapat dikatakan komputer memilki sebuah sistem hirarki.
Struktur komputer merupakan atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan programmer, sedangkan organisasi komputer merupakan bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional.

Didalam sistem komputer meliputi:

  • Input Device (Alat Masukan) Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Contoh : keyboard
  • Output Device (Alat Keluaran) adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
  • I/O Ports bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.\
  • CPU (Central Processing Unit) CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer. 
  • Memori, Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan. 
  • Data Bus adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel. 
  • Address Bus, Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. 

  • Control Bus, Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.


Struktur Utama Komputer


Dari struktur utama komputer terdapat struktur fungsi komputer lainnya berikut merupakan diantaranya:

  • Fungsi Operasi Pemindahan Data. Fungsi operasi pemindahan data ini biasanya terjadi pada operasi komputer komponen keyboard kepada screen atau display, blog diagramnya dapat dilihat dari gambar


  • Fungsi Operasi Penyimpanan Data. Operasi penyimpanan data itu merupakan struktur operasi komputer yang melibatkan memory, bisa  dari memori ke memori lain. misalnya Mendownload file dari Internet ke media penyimpanan komputer, Blog diagramnya sebagai berikut:


  • Fungsi Proses Dari/ke Unit Penyimpanan
        Blog diagram diatas contohnya updating bank statement.
  • Fungsi Proses dari Unit Penyimpanan ke I/O

        Contohnya yaitu printing bank ke statement

Organisasi Komputer

Komputer itu tentu memiliki organisasi sendiri didalamnya yang melibatkan banyak unit-unit operasi dan interkoneksi antara komponen-komponen sistem dalam menjalankan arsitekturnya. Misalnya perangkat antarmuka komputer, perangkat memori, sinyal-sinyal kontrol dan lain-lain. Organisasi dari komputer itu memang harus dirancang dengan benar dan matang untuk menghindari terjadinya kesalahan intruksi pengalamatan dan rancangan arsitektural.

sumber:
http://ekofitriyanto.wordpress.com/2013/10/24/pengertian-dan-perbedaan-organisasi-komputer-dengan-arsitektur-komputer/
http://id.scribd.com/doc/54889800/Pengertian-Arsitektur-Komputer-Dan-Organisasi-Komputer-TUGAS-1
http://arifpane.blogspot.com/2010/01/organisasi-komputer.html



 

EVOLUSI ARSITEKTUR KOMPUTER



Berbicara tentang komputer memang tidak pernah ada habisnya ketika alat ini mulai diciptakan oleh Charles Babbage, pada awal penciptaan komputer terbilang sangat sederhana. Komputer pertama ini diciptakan sekitar tahun 1821 mesin ini diberi nama “Difference Engine” yang fungsi awalnya yaitu dapat menyusun tabel matematika. Saat melengkapi mesin tersebut di tahun 1832, Babbage mendapatkan ide tentang mesin yang lebih baik, yang akan mampu menyelesaikan tidak hanya satu jenis namun berbagai jenis operasi aritmatika. Mesin ini dinamakan Analytical Engine 1856, yang dimaksudkan sebagai mesin pemanipulasi simbol umum, serta mempunyai beberapa karakteristik dari komputer modern. Diantaranya adalah penggunaan punched card, sebuah unit memori untuk memasukkan angka, dan berbagai elemen dasar komputer lainnya. Dalam segi bahasa kata komputer ini awalnya digunakan untuk seseorang yang memiliki profesi yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, contohnya yaitu perhitungan kalender dan jam. Jika dilihat sekarang kata komputer mengalami pergeseran makna dari objeknya manusia menjadi ke alat atau mesin.

Evolusi komputer terjadi karena perkembangan ilmu di bidang aritmatika dan hardware dan juga kebutuhan yang semakin meningkat dari hidup manusia seiring perkembangan jaman yang mana tujuannya yaitu meningkatkan kualitas kerja dan mempermudah aktifitas manusia, yang berdampak juga pada arsitektur komputer tersebut dalam beberapa tujuan penggunaan dari komputer. Sehingga arsitektur komputer dapat digolongkan menjadi beberapa, yaitu sebagai berikut:

Berdasarkan data yang di olah:

1.     Analog Komputer
·        Digunakan untuk data yang sifatnya kontinyu dan bukan data yang berbentuk angka tetapi dalam bentuk fisik, misalnya arus listrik, temperatur, kecepatan, tekanan, dsb.
·        Output dari komputer analog umumnya adalah untuk pengaturan atau pengontrolan suatu mesin, misalnya untuk mengatur temperatur di dalam suatu alat pembakaran.
·        Keuntungannya adalah kemampuannya untuk menerima data dalam besaran fisik dan langsung mengukur data tertentu tanpa harus dikonversikan lebih dahulu seperti pada komputer digital sehingga proses komputer analog lebih cepat dari pada digital komputer.

2.     Digital Komputer
·        Digunakan untuk data yang berbentuk angka atau huruf-huruf, biasanya dipakai untuk aplikasi bisnis dan aplikasi teknik
·        Keunggulannya adalah memproses data lebih tepat

3.     Hybrid Komputer
·        Merupakan komputer kombinasi dari komputer analog dan digital
·        Mampu memproses data lebih cepat dari komputer digital dan lebih tepat dari komputer analog
·        Biasanya dipakai untuk aplikasi khusus

Berdasarkan penggunaanya

  • 1     Special Purpose Computer yaitu komputer yang dirancang untuk menyelesaikan masalah yang khusus yang biasanya hanya berupa satu masalah saja
  • 2     General Purpose Computer yaitu komputer yang dirangcang untuk menyelesaikan bermacam-macam masalah dengan program-program yang bermacam-macam pula.


Berdasarkan ukurannya

Ukuran dari komputer ditunjukan oleh kemampuannya dalam mengolah data ditentukan oleh,
·   Kapasitas main memory, yang dinyatakan dalam satuan byte, (dengan kapasitas 4KB, 32KB, 64KB, 128KB, 256KB bahkan dapat dikembangkan samapai 2MB)
·        Konfigurasi dari operand register, operand register digunakan menampung data yang sedang dioperasikan, bisa dengan ukuran 8 bit, 16 bit, 32 bit, 64 bit

Berdasarkan ukuran komputer dapat digolongkan ke dalam komputer mikro, komputer mini, komputer kecil, komputer menengah, komputer besar, komputer super.
Jika dilihat dari perkembangan komputer dimulai dari generasi pertama, pada era ini komputer generasi pertama hanya dapat dibuat dengan bahasa besin/binary. Contoh dari komputer generasi pertama ialah:

  • ENIAC (Electronic Numerical Intergrator and Computer)  yang dibuat oleh kerja sama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengonsumsi daya sebesar 160 kW, Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.
  • HARVARD MARK I-IV diciptakan oleh Howard Aiken
  • EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) konsep komputer ini dipakai hingga 40 tahun dalam teknik komputer yang mendesainnya adalah Von Nouman dengan sebuah memori untuk menampung program maupun data.  Kunci utama Von Nouman adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan fungsi komputer di kendalikan oleh satu sumber.
  • UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang di buat oleh Remington Rand menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann tersebut.


Komputer generasi pertama memiliki instruksi operasi yang dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu, setiap komputer memiliki program biner yang berbeda (bahasa mesin). Komputer generasi pertama masih menggunakan vacum tube yang membuat komputer terlihat sangat besar, dan juga menggunakan slinder magnetik untuk penyimpanan data.

Komputer generasi kedua pada tahun 1948, pada era generasi kedua ini telah terciptanya transistor, yang mana transistor ini sangat mempengaruhi perkembangan komputer hingga saat ini tetapi pada generasi kedua ini transistor menggantikan peran tube vacum yang memiliki kapasitas besar, tetapi sebenarnya terciptanya transistor ini tidak hanya berpengaruh pada komputer saja tetapi juga alat elekronika lainnya, oleh karena ada transistor maka komputer berukuran lebih kecil dibandingkan dengan generasi pertama. Transistor mulai digunakan pada komputer sekitar tahun 1956. Kemudian pada era ini ada penemuan lain juga yang berpengaruh pada arsitektur komputer yaitu berupa pengembangan memori inti magnetik yang membantu komputer generasi kedua menjadi lebih kecil, lebih cepat, lebih hemat energi dan dapat diandalkan. Komputer yang dapat mengamplikasikan itu semua adalah komputer keluaran IBM. IBM mnegkategorikan komputer ini ke dalam jenis super komputer yang diberi nama STRETCH.

Sprey-Rand juga mengeluarkan komputer yang serupa yang dinamai LARC. Komputer pada generasi ini juga hanya digunakan untuk keperluan laboratorium (penelitian) dan belum digunakan untuk keperluan bisnis karena masih terlalu mahal dalam proses perakitan komputernya. Komputer generasi kedua menggantikan program bahasa mesin menjadi bahasa assembly.

Tetapi pad tahun1960 bermunculan komputer generasi kedua yang digunakan untuk bisnis, pendidikan, maupun pemerintahan. Karena komputer yang digunakan telah sepenuhnya menggunakan transistor, salah satu contoh komputernya yaitu komputer 1401, seiring dengan meningkatnya kebutuhan dan tujuan dari sebuah komputer pada era itu bermunculan bahasa pemrograman baru seperti COBOL & FORTRAN yang umum digunakan.

Komputer Generasi Ketiga Komponen yang digunakan adalah IC (Integrated Circuit) yang berbentuk Hybrid Integrated Circuit dan Monolithic Integrated Circuit. Contoh dari komputer generasi ketiga, adalah : IBM S/370 dan UNIVAC 1106. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

Komputer Generasi Keempat setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Penggunaan Large Scale Integration (LSI) disebut juga dengan nama Bipolar Large Scale Integration. Dikembangkan komputer Mikro yang menggunakan Micro Processor dan Semi Conductor yang berbentuk Chip untuk memori komputer generasi sebelumnya masih menggunakan Magnetic Core Storage. Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat. Dan juga kebutuhan informasi pada generasi ini sangat dibutuhkan oleh karenanya komputer tunggal menggunakan perkabelan langsung atau disebut juga Local Area Network (LAN) atau juga bisa menggunakan kabel telepon dan jaringannya sampai saat ini terus berkembang.

Komputer Generasi Kelima Komputer ini sedang dalam pengembangan komponen yang digunakan adalah VLSI (Very Large Scale Integration),  komputer generasi kelima ini sedang dikembangkan Teknologi yang kemungkinan bisa menggantikan Chips. Dapat menterjemahkan bahasa manusia dan manusia dapat bercakap-cakap langsung dengan komputer. Dan untuk mencapai hal itu sepertinya sekarang telah terwujud dengan munculnya fitur-fitur yang mendukung, yang dapat mengkonversikan percakapan, dan melantangkannya, bahkan komputer era ini tidak hanya terpaku dan diam tetapi dapat berpindah tempat dan membantu pekerjaan manusia dengan kombinasi komputer dan robot atau bahkan yang lainnya, komputer generasi kelima ini semakin kecil ukurannya. Dan komputer generasi kelima ini akan terus berkembang.


Kesimpulannya bahwa dari setiap perkembangan komputer dari era ke era dapat merubah arsitektur dari sebuah komputer atau hanya sekedar penambahan fitur yang membuat komputer menjadi lebih baik digunakan, dari setiap generasi komputer banyak terjadi evolusi arsitekturnya dari segi ukuran, kapasitas, kegunaan, bentuk, kecanggihan, dan lain-lain. Semakin maju ilmu pengetahuan maka evolusi komputer akan berlanjut.



DAFTAR PUSTAKA
  • https://www.scribd.com/doc/34680696/Bab-2-Evolusi-Dan-Kinerja-Komputer-Organisasi-Komputer
  • https://www.scribd.com/doc/97383983/arsitektur-komputer
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer

 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. FIRMANSYAH AHMAD BLOG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger