Blogger Widgets PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI GADO-GADO - FIRMANSYAH AHMAD BLOG

PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI GADO-GADO


   

I.            TOPIK DISKUSI
1.      Ada pandangan yang mengatakan bahwa lahirnya Pancasila diilhami gagasan-gagasan besar dunia dan pengalaman bangsa-bangsa lain. Dan ada yang mengatakan bahwa Pancasila berakar pada kepribadian bangsa indonesia sendiri. Apakahdari dua pernyataan tersebut tidak saling bertentangan, dan apakah memang Pancasila sebagai ideology gado-gado? Jelaskan pokok-pokok pikiran pandangan anda.
II.            PEMBAHASAN
1.      PENGERTIAN PANCASILA
Pancasila mengandung arti yaitu suatu dasar Negara Republik Indonesia, atau juga hingga kini dapat diartikan sebagai pedoman dasar dan pandangan hidup Republik Indonesia yang di mana Pancasila ini memiliki lima sila atau lima point yaitu yang terdapat pada UUD (Undang-Undang Dasar) Republik Indonesia 1945 pada alinea yang ke 4. Sebagai berikut:
1.        Ketuhanan Yang Maha Esa
2.         Kemanusiaan yang adil dan beradab
3.         Persatuan Indonesia
4.         Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
5.         Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
2.      SEJARAH PANCASILA
      Sejak zaman Majapahit pada abad XIV, yaitu terdapat di dalam buku Negara ketagama karangan Prapanca dan buku Sutasoma karangan Tantular. Di dalam salah satu buku Sutasoma ini istilah Pancasila mempunyai arti berbatu sendi yang kelima(dari bahasa sansekerta), serta mempunyai arti pelaksanaan kesusilaan yang lima (Panca Karma), yaitu sebagai berikut:
1.      Tidak boleh melakukan kekerasan
2.      Tidak boleh mencuri
3.      Tidak boleh berjiwa dengki
4.      Tidak boleh berbohong
5.      Tidak boleh mabuk minuman keras

3.      POKOK PIKIRAN PANDANGAN
      Berdasarkan pertanyaan atau topik yang di diskusikan di atas dan juga dari landasan teori yang didapat dari berbagai referensi, yang dimana apakah pancasila itu adalah ideologi gado-gado?
      Menurut Sejarah dan dari berbagai refernsi pancasila sebagai ideologi gado-gado itu jelas salah dan tidak benar, itu dikarenakan pancasila berasal dari kebudayaan orang indonesia asli sejak dahulu yang dimana tokoh-tokoh terdahulu memikirkannya menjadi padu dan matang sehingga menjadi pedoman Negara Republik Indonesia, yang dimana memang sejak zaman Majapahit pun ideologi seperti pancasila sudah ada. Tujuan dari pancasila itu memang sama dari dulu hingga sekarang, yaitu sebagai landasan Negara atau juga bisa dikatakan sebagai cita-cita bangsa indonesia menuju hidup yang lebih makmur, sejahtera, dan damai. Maka dari itu seharusnya rakyat indonesia menyadari bahwa disetiap hidupnya lihatlah pancasila sebagai pandangan hidup.
      Kemudian didasarkan dari catatan Sejarah juga, bahwa indonesia dijajah oleh bangsa asing selama ratusan tahun dan cara bangsa mereka yang ingin merampas hak milik bangsa indonesia. Ini jelas bukanlah karakter bangsa indonesia. Kemudian dikatakan bahwa pancasila adalah gagasan-gagasan besar dunia, ini tidak sejalan bahkan bertentangan dengan fakta yang terjadi, karena bangsa asing yang mengetahui limpahan sumber daya di indonesia itu membuat mereka ingin memiliki merampas habis apa yang dimiliki bangsa indonesia, jelas bahwa pancasila bukanlah gagasan-gagasan besar dunia atau bahkan pengalaman bangsa lain. Pancasila adalah berasal dari kepribadian bangsa indonesia yang dimana telah dirumuskan dan dikukuhkan oleh INPRES No. 12/1968. Rumusan pancasila dalam pembukaan UUD 1945 ditetapkan oleh PPKI pada tanggal 18 agustus 1945 yang mana dimusyawarahkan oleh tokoh-tokoh dan para ulama terpercaya  agar pancasila ini menjadi ideologi yang mengandung nilai-nilai dan norma-norma yang oleh bangsa Indonesia diyakini paling benar, paling adil, paling bijaksana, paling baik, dan paling sesuai bagi bangsa Indonesia. Dan juga perlu diketahui bahwa pancasila diberi arti secara bulat atau satu kesatuan yang organis dari kelima silanya.

III.            KESIMPULAN
      Dapat ditarik kesimpulan bahwa Ideologi pancasila bukanlah ideologi gado-gado yang mana dipengaruhi oleh gagasan dunia atau bahkan pengalaman bangsa lain. Pancasila itu di rumuskan atau dibuat karena sesuai dengan budaya dan kepribadian bangsa Indonesia itu sendiri supaya pancasila ini kelak menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia dalam segala hal, dan bukan hanya sekedar pemanis kemerdekaan bangsa Indonesia, tetapi pancasila itu harus diamalkan dan dijiwai agar lebih member arti.


DAFTAR PUSTAKA
H. Moesadin Malik,Ir., M.Si, Pokok-Pokok Materi Pendidikan Pancasila, Jakarta, 2014

Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. FIRMANSYAH AHMAD BLOG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger