Blogger Widgets LINGKUNGAN DAN PERINDUSTRIAN - FIRMANSYAH AHMAD BLOG

LINGKUNGAN DAN PERINDUSTRIAN



MASALAH LINGKUNGAN  DALAM PEMBANGUNAN  INDUSTRI
 

Industri adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi barang jadi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Usaha perakitan atau assembling dan juga reparasi adalah bagian dari industri. Hasil industri tidak hanya berupa barang, tetapi juga dalam bentuk jasa.

Dengan pesatnya perekonomian di Indonesia khususnya di wilayah perkotaan tentunya menimbulkan banyak pelaku bisnis yang mendirikan banyak industry diwilayah tersebut untuk menunjang produk yang lebih besar lagi karena permintaankonsumen yang bersar pula, memang dalam pelaksanaannya banyak pro dan kontra dalam pembangunan industry tersebut, maka dari padanya seharusnya industry-industri besar dan memiliki limbah yang sangat berbahaya untuk l;ingkungan sekitar seharusnya berada di wilayah tertentu atau beradadi wilayah yang dikhusus untuk lingkungan industry.

            `Agar industry tersebut tidak membuat lingkiungan sekitar rusak atau jika penempatan industry tersebut berada di wilayah pertanian maka akan berdampak sangat buruk untuk tanaman pertanian tersebut jika dari sikap industry yang sengaja membuang limbah ke sekitar lingkungan tersebut, seharusnya pemerintah harus sangat tegas dalam hal pembangan-pembangunan industry yang salah tempat karena jika sudah terlanjur suatu wilayah menjadi kawasan industry maka akan sulit lagi jika menjadi kawasan hijau kembali.

Apalagi jika kita melihat dari segi budaya dan lingkungan indonesia, tentunya Insonesia sangat terkenal dengan kekayaan alamnya dan budaya yang sangat banyak pula. Jangan sampai wilayah industry menjadi perusak dan hilangnya budaya dan kekeayaan alam indonesia, solusi kedepannya diharapkan industry yang berskala besar dan tergolong dalam industry yang sangat berbahaya limbahnya, untuk lebih memahami apa arti dari sebuah lingkungan yang asri dan mentaati peraturan pemerintah.

Contoh kasus akibat perbuatan industry yang merusak lingkungan adalah yaitub kasus lumpur lapindo di sidoarjo, yang bahkan sampai sekarang belum terselesaikan kasusnya dan tak ada jalan keluar akibat wilayah yang telah menjadi limbah lumpur tersebut. Itu adalah salah satu contoh yang sangat mengerikan akibat limbah industry yang terjadi akibat kecelakaan, menurut keterangan penyidik seperti itu.


Kesimpulannya pembangunan industry harus mengikuti aturan yang ada yang telah ditetapkan oleh pemerintah, dan seharusnya dengan teknologi yang sudah maju untuk memproses limbah menjadi lebih ramah lingkungan seharusnya harus sudah dipakai, untuk terciptanya lingkungan yang asri dan sehat.

Sumber:
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. FIRMANSYAH AHMAD BLOG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger