Blogger Widgets EKOLOGI - FIRMANSYAH AHMAD BLOG

EKOLOGI


http://www.youtube.com/watch?v=fo-G8Q4gqnw


Ide Pokok Berdasarkan Video:

          Hutan memiliki peranan yang penting dalam keberlangsungan makhluk hidup, terjadi rangtai makanan antara produsen, konsumen dan detrivor. Selain itu, penghijauan alami sangat kita butuhkan untuk mengurangi udara perkotaan yang sudah banyak tercemar, contohnya dapat kita kendalikan melalui pelestarian hutan. penggunaan hutan sebaiknya menggunakan system tebang pilih. Karena jika terlalu mengeksploitasi hutan maka yang rugi adalah kita sendiri dan juga lingkungan sekitar. Yang perlu dilakukan untuk kelestarian hutan itu yaitu dengan konservasi hutan salah satunya dengan penanaman kembali secara berkala, yang dilakukan oleh perhutani di baturaden.

       Dengan cara pembibitan yang dilakukan dengan baik sehingga mendapatkan bibit yang baik juga, konservasi dilakukan dengan penanaman kembali dengan jenis pohon yang sesuai dengan lahan dan peruntukannya kawasan konservasi biasanya dilakukan dengan jenis pohon setempat yang telah sesuai dengan lingkungannya. Lahan yang tidak produktif ataupun tidak terdapat tanaman segera dilakukan penanaman, karena ini sangat penting untuk tetap menjaga keseimbangan alam juga akan menambah nilai sosial juga ekonomi untuk masyarakat nantinya. pemeliharaan juga terus dilakukan guna tanaman itu kan tumbuh dengan semestinya jika hutan kita terjaga dengan baik maka kenyamanan keamanan dan keindahan itu akan terjaga.penggunaan lahan yang ideal akan memberikan mafaat kepada kita.

       Vegetasi hutan baturaden masih dianggap yang paling baik di sekitar banyumas sudah seharusnya kita melestarikan dan menjaga hutan. Alam yang begitu indah sudah sepatutnya kita jaga.

Telaah Penulis: 
        Dalam hal ini ekologi itu termasuk penting dalam kategori ilmu, bahwasanya sekarang-sekarang ini telah terjadi penurunan kualitas hutan atau terkikisnya hutan sedikit demi sedikit akibat manusia itu sendiri yang tidak paham dengan ilmu tentang lingkungan atau biasa kita sebut ekologi. jika seandainya manusia sadar dan mengerti bahwa lingkungan itu juga perlu dijaga dan dirawat dalam hal ini yaitu hutan maka tak seharusnya pemanasan global ini terjadi begitu cepat.

        Dalam video ini kita telah disodorkan atau di beri tahu makna bagaimana kita harus menjaga dan merawat lingkungan khususnya hutan-hutan kita miliki yaitu hutan indonesia. yang dimana maksud tujuan ini juga untuk kepentingan kita sendiri dimasa depan nanti, sebenarnya Indonesia sendiri memiliki potensi yang sangat melimpah dengan kekayaan hutan hujan nya, bahkan bangsa lain menyebutkan bahwa Indonesia adalah salah satu jantung dunia.

        Proses untuk menjadi suatu hutan hujan yang berkualitas dan indah itu sangat sulit di capai dan membutuhkan waktu yang lama, dan sedangkan untuk menghancurkan hutan itu sangat mudah dan dengan waktu yang singkat. nah apakah kita sebagai manusia masih tetap saja acuh dengan proses demi proses pembibitan hutan kita sendiri, jika tidak bisa dengan hal besar maka mulailah dari hal yang kecil seperti menanam bibit bunga di taman kota, atau yang menanam pohon dengan cara yang baik dan benar di halaman rumah sendiri.

        Ini semata-mata karena untuk kita dari kita dan untuk keindahan dan keselamatan masa depan.



Referensi Acuan Terkait

        Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya dan yang lainnya. Berasal dari kataYunani oikos ("habitat") dan logos ("ilmu"). Ekologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik interaksi antar makhluk hidup maupun interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya. Istilah ekologi pertama kali dikemukakan oleh Ernst Haeckel (1834- 1914). Dalam ekologi, makhluk hidup dipelajari sebagai kesatuan atau sistem dengan lingkungannya.
        Pembahasan ekologi tidak lepas dari pembahasan ekosistem dengan berbagai komponen penyusunnya, yaitu faktor abiotik dan biotik. Faktor abiotik antara lain suhu, air, kelembaban, cahaya, dan topografi, sedangkan faktor biotik adalah makhluk hidup yang terdiri dari manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroba. Ekologi juga berhubungan erat dengan tingkatan-tingkatan organisasi makhluk hidup, yaitu populasi, komunitas, dan ekosistem yang saling memengaruhi dan merupakan suatu sistem yang menunjukkan kesatuan.

Thanks for:
https://www.youtube.com/watch?v=fo-G8Q4gqnw
http://id.wikipedia.org/wiki/Ekologi
Kebun Raya Batu Raden

Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. FIRMANSYAH AHMAD BLOG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger