Blogger Widgets IPTEK & LINGKUNGAN - FIRMANSYAH AHMAD BLOG

IPTEK & LINGKUNGAN


Berdasarkan sumber:

https://www.youtube.com/watch?v=SrPnOy45FVw

Menurut kamus besar bahasa Indonesia iptek adalah singkatan dari kata ilmu pengetahuan dan teknologi.  Istilah ilmu pengetahuan dan teknologi apabila disingkat yaitu menjadi iptek. Akronim  iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi) merupakan singkatan/akronim resmi dalam Bahasa Indonesia.

Definisi Iptek

Iptek Lingkungan ialah teknologi yang berkaitan dengan pemanfaatan dalam kaitannya dengan manjemen lingkungan Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tersusun sistematis dengan metode tertentu untuk menjelaskan gejala-gejala tertentu pada bidang iptek terhadap linkungan tanpa merusak keseimbangan lingkungan . Upaya pelestarian lingkungan tidak hanya diperlukan saat pembukaan lahan dan penata gunaan tanah. Juga selama kegiatan pembudidayaan sampai ke pengolahan hasil. Pelestarian lingkungan pada semua tahapan produksi perlu menjadi tekad masyarakat, terlebih dalam menghadapi semakin nyaringnya tuntutan pada “produksi hijau”. Selain itu, tekad masyarakat melestarikan lingkungan dapat menjadi perisai terhadap kecaman tentang kerusakan lingkungan perkebunan.

Pembahasan

Dari zaman ke zaman, pola kehidupan manusia telah berubah. Dimana ilmu pengetahuan berkembang dengan pesat mengikuti arus waktu. Ilmu pengetahuan merupakan kebutuhan dalam melanjutkan kelangsungan hidup di bumi. Banyak manusia yang memiliki ambisi untuk mencari ilmu dengan tujuan agar  manusia  memperoleh kehormatan berdasarkan penemuan-penemuan yang diperolehnya. Sayangnya, tidak sedikit dari penemuan mereka yang memiliki dampak buruk terhadap lingkungan. Karena dampak buruk itu terciptalah suatu IPTEK untuk mengatasi dampak buruk terhadap lingkungan akibat efek merugikan IPTEK yang di khususkan.

Contohnya dari perkembangan IPTEK untuk mengatasi dampak buruk terhadap lingkungan yaitu, Limbah-limbah yang dihasilkan dari buah busuk dapat dijadikan suatu energy listrik dengan suatu IPTEK yang dicipyakan melalui terobosan pengetahuan manusia. Dengan adanya teknologi ini, tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat dan juga mnegurangi efek bhuruk terhadap limbah dan lingkungan sekitar, pengolahan sampah dengan cara teknologi tentunya dapat mempercepat kerja manusia dan juga mempermudah kelangsungan hidup manusia.

Cara merubah buah busuk menjadi sumber listrik dapat diuraikan sebagai berikut:

  1. Hancurkan/giling buah busuk yang akan menjadi bahan, tetapi dapat menjadi catatan ketika penggilingan yaitu buah-buahan yang akan dihancurkan harus benar-benar hancur, sehingga rata-rata buah busuk yang dipakai adalah buah yang tidak memiliki buah yang keras seperti melon dan semangka. 
  2. Kemudian buah yang telah hancur/halus masuk ke mesin pengurai dan disimpan didalamnya, dan didalam mesin harus tidak ada kandungan oksigen sama sekali atau bisa disebut kondisi anaerob, dalam kondisi ini bakteri anaerob akan bekerja mengurai buah busuk dan menghasilkan gas metana. Gas metana inilah yang akan dirubah menjadi tenaga listrik, gas metana akan keluar dari mesin dan mengalir ke pipa-pipa kecil. 
  3. Lalu gas metana yang mengalir melalui pipa tersebut dirubah menjadi tenaga listrik melalui alat yaitu generator. gas metana tersebut sebenarnya mejadi bahan bakar dari generator, sehingga generator bisa bekerja mengahasilkan listrik.
Dalam pemanfaatan gas metana tidak hanya digunakan menjadi tenaga listrik tetapi bisa juga dijadikan bahan bakar kompor gas untuk dijadikan bahan bakar memasak, untuk listrik yang dihasilkan dapat diterapkan pada lampu jalan dalam kawasan suatu daerah, kebutuhan listrik disuatu rumah dan lain-lain.

KESIMPULAN:

Dapat kita ketahui bahwa teknologi itu diciptakan untuk membantu pekerjaan manusia tetapi dalam kawasannya terkadang ada beberapa efek yang negative dalam pemanfaatan teknologi tersebut, dari kasus ini pemanfaatan limbah yang busuk dapat kita olah lagi menjadi suatu yang bermanfaat akibat pemanfaatan teknologi, dan ilmu pengetahuan, sehingga limbah-limbah yang sebelumnya tidak berguna menjadi suatu yang lebih berguna.
Thanks to:
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. FIRMANSYAH AHMAD BLOG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger