Blogger Widgets BAHAN OPTIK - FIRMANSYAH AHMAD BLOG

BAHAN OPTIK

BAHAN OPTIK
Bahan optic adalah bahan yang berfungsi meneruskan cahaya secara selektif atau sebagai filter, bahan optic sering dipakai untuk kaca bangunan, jendela mobil, dan lain-lain, syarat keoptikan yang harus dipenuhi adalah kemampuan tranmisi cahay tanpa distorsi. Syarat adalah permukaan datar dan sejajar serta tanpa cacat dalam.
Pemanfaatan khusus optic adalah bahan harus dapat menyaring (filter) radiasi inframerah dan ultraviolet, dan juga lensa optic harus dapat membiaskan cahaya sepanjang jalur optic tertentu. selain lensa optic ada pula lensa kaca mata yang memliki pengertian yaitu suatu pembiasan yang diatur dengan menggosok permukaan sesuai dengan klengkungan tertentu.
Serat optic untuk komunikasi adalah:
·         Inovasi baru
·         Daya absorsi mendekati nol
·         Indeks bias
Serat optic digunakan untuk system komunikasi saluran ganda modulasi cahaya. Syarat yang perlu diperhatikan supaya serat optic bagus untuk komunikasi adalah:
·         Komposisi bahan
·         Struktur bahan
·         Pemrosesan serat gelas
Adapula pengertian mengenai optic laser adalah penerapan teknologi tinggi dari cahaya yang mendorong perkembangan bahan  mutakhir.
LASER (Light Amplification by Stimulated Emisson of Radiation) adalah merupakan sumber cahaya koheren taitu semua cahaya sefasa, berkasnya monokromatik
Bahan Laser:
·         Batang Kristal ruby
·         AI2O3 (0,5% ion Cr3+ padat) dikembangkan bahan gas, cairan, bahan padat, gelas, semikonduktor.
Absorpsi ada dua macam yaitu:
·         Parsial
·         Penuh
Absorpsi parsial adalah perubahan warna saat polarisasi elektronik yang timbul dikarenakan oleh absorpsi parsial dari cahaya dan hasil transmisi selektif sisa spectrum.
Absorpsi penuh adalah tanapa perubahan warna saat polarisasi elektronik ini disebabkan karena kehilangan energy berkaitan dengan silisih fasa tidak ada. Contohnya adalah bahan onik dan kovalen.



Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. FIRMANSYAH AHMAD BLOG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger