Blogger Widgets PANCASILA SAKTI - FIRMANSYAH AHMAD BLOG

PANCASILA SAKTI


       I.            TOPIK DISKUSI
1.      Pancasila pada hakekatnya adalah sebagai pandangan hidup bangsa dan dasar negara. Mengapa pancasila dianggap sakti hingga harus dilestarikan?
    II.            PEMBAHASAN
1.      ACUAN REFERENSI
1.1 Arti Menurut Bahasa
Menurut bahasa sakti memiliki makna tak terkalahkan atau tidaka dapat ditaklukan, sakti biasanya merupakan predikat bagi seseorang yang memilki kekuatan tertentu, baik fisik maupun non fisik. Istilah sakti sering juga dapat diartikan sebgai suatu yang tangguh maupun perkasa.
1.2 Sejarah mengapa pancasila dianggap sakti
      Pancasila dianggap sakti karena tidak ada seorang pun yang dapat mengubah maupun mengganti isi yang terdapat didalam pancasila. Dalam sejarah, Indonesia pernah mengalami suatu masa dimana isi yang tercantum dalam pancasila berusaha untuk diubah atau diganti  oleh organisasi yang disebut sebagai PKI atau partai Komunis Indonesia, namun usaha tersebut tentu dapat digagalkan oleh para pejuang bangsa demi mencapai cita-cita bangsa yang telah tercantum dalam isi pancasila itu sendiri. Selain itu, pancasila juga dijadikan sebagai dasar negara atau pondasi yang penting dalam menjaga kesatuan dan persatuan negara yang bermula dari pandangan hidup bangsa dan nila-nilai murni/falsafah bangsa Indonesia. Pancasila juga merupakan suatu alat yang dapat mempersatukan bangsa dari berbagai keragaman yang ada. Sehingga dari penjelasaan diatas, kita harus tetap melestarikannya dengan terus mempelajari pendidikan pancasila secara luas dan berusaha untuk mengamalkan nilai-nilai yang terdapat dalam pancasila. Karena pancasila merupakan jiwa bangsa dan kepribadian bangsa yang membedakan Indonesia dari bangsa lain.
2.      POKOK PIKIRAN PANDANGAN
      Menurut pendapat saya mengapa pancasila itu dianggap sakti dan harus dilestarikan karena pancasila digunakan sebagai petunjuk arah semua atau aktivitas hidup dan kehidupan di dalam segala bidang, berarti bahwa semua tingkah laku dan tindak/perbuatan setiap warga negara Indonesia harus dijiwai dan merupakan pancaran dari semua sila pancasila karena pancasila selalu merupakan suatu kesatuan, tidak bisa dipisah-pisahkan satu dengan yang lain. Seperti sila pertama dalam pancasila yang berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa, sebagai perwujudan jiwa keagamaan, sila ke 2 Kemanusiaan yang adil dan beradab sebagai perwujudan jiwa yang berperikemanusiaan, sila ke 3 Persatuan Indonesia sebagai perwujudan jiwa kebangsaan, sila ke 4 kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan sebagai perwujudan jiwa keraykatan dan sila ke 5 keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia sebagai perwujudan jiwa keadilan social harus selalu terpancar dalam segala tingkah laku dan tindak atau perbuatan serta sikap hidup seluruh bangsa Indonesia. Tidaklah mudah juga merumuskan secara konkret betapa perwujudan pancasila dilaksanakan dalam tingkah laku dan sikap hidup sehari-hari karena terlalu banyak ragamnya meliputi seluruh aspek kehidupan. Tetapi yang pasti disini adalah pancasila sebagai pegangan hidup bangsa, penjelmaan falsafah hidup bangsa, dalam pelaksanaan hidup sehari-hari tidak boleh bertentangan dengan norma-norma agama, kesusilaan, sopan santun, dan tidak bertentangan dengan norma-norma hukum yang berlaku. Pancasila dilihat dari kedudukannya mempunyai kedudukan yang tinggi yakni sebagai cita-cita dan pandangan hidup bangsa dan negara Republik Indonesia. Dilihat dari fungsinya sebagai dasar negara Republik Indonesia. Dilihat dari segi materinya pancasila digali dari pandangan hidup bangsa Indonesia yang merupakan jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia. Dapat dikatakan bahwa pancasila itu dibuat dari mated atau bahan “dalam negeri”, bahan asli murni dan merupakan kebanggaan bagi suatu bangsa yang patriotik.


 III.            KESIMPULAN
            Dapat ditarik kesimpulan bahwa Pancasila dianggap sakti dikarenakan tidak ada satu orangpun yang boleh mengubah dan mangganti dari isi yang telah tercantum dalam pancasila. Selain itu, karena pancasila itu sendiri dijadikan sebagai dasar negara/pondasi yang penting dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang bermula dari pandangan hidup bangsa dan nilai-nilai murni/falsafah bangsa Indonesia dan menjadikan ciri dari bangsa Indonesia itu sendiri. Pancasila juga di buat untuk memudahkan rakyat indonesia agar terhindar dari perbuatan yang dilarang agama.
Pancasila adalah pedoman yang kuat dan pasti, karena adanya pancasila ada juga hukum-hukum yang mengatur negara, dan mempersatukan bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku menjadi satu kesatuan. Pancasila dapat membuat rasa menghargi sesama manusia dan saling tolong menolong antar manusia. Tidak hanya kepada manusia, pancasila juga dapat membuat bertambahnya keyakinan kepada Tuhan. Dan karena isi dari pancasila itu sendiri yang mencakup semua hubungan manusia dengan sesama dan manusia dengan Tuhan lah yang membuat Pancasila dianggap hal yang sakti, karena dengan memahami Pancasila kita akan menjadi pribadi yang siap berhadapan dengan sesama dan takut kepada Tuhannya.


DAFTAR PUSTAKA
H. Moesadin Malik,Ir., M.Si, Pokok-Pokok Materi Pendidikan Pancasila, Jakarta, 2014
Kamus Besar Bahasa Indonesia


Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. FIRMANSYAH AHMAD BLOG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger